Unsur Pokok Pemasaran Online

UNSUR POKOK PEMASARAN ONLINE



1. CONTENT MARKETING
Secara sederhana konten marketing merupakan alat untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website, toko online (e-commerce), dan blog. Bentuk dari konten dapat berupa artikel, blog, how-to, e-book, presentasi, video atau audio.
Pengertian yang agak panjang dari content marketing atau (diterjemahkan) pemasaran konten:
Content marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi kustomer.

Jadi ada 2 tujuan dari content marketing:
* Menarik audiens baru untuk mengenal bisnis anda.
* Mendorong (mengajak) mereka untuk menjadi kustomer.

Masih bingung?
Coba ingat kembali salah satu akun milik perusahaan/brand besar yang anda follow di social media. Biasanya mereka mengirimkan update yang menarik…

…bisa berupa foto, video, artikel, atau sekedar update status.

Itu salah satu contoh dari content marketing.
Konten dalam content marketing bisa dalam berbagai bentuk. Seperti yang barusan disebutkan diawal paragraf. Selain bentuknya, kita juga bisa membedakan konten dari sifatnya: menghibur, mendidik, emosional, dll.
Yang terpenting, konten anda harus menarik.

2. SEARCH ENGINE MARKETING
Mesin pencari atau search engine adalah website yang mengumpulkan dan mengorganisir konten dari seluruh bagian internet. Untuk menggunakannya, Anda tinggal memasukkan apa yang ingin Anda cari dan mesin pencari akan memberikan Anda berbagai link ke konten yang sesuai dengan apa yang dicari. Sehingga Search Enggine Marketing (SEM) adalah cara melakukan pemasaran online atau internet marketing hingga kampanye di internet dengan mengoptimasi mesin pencari (search engine). SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page

3. EMAIL MARKETING
Email adalah singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Sehingga Email Marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya kepada sekelompok orang dengan menggunakan media email.
Rangkaian kegiatan email marketing dimulai dari mengumpulkan email , dilanjutkan dengan melakukan pengiriman email secara masal, yang berisi informasi produk atau promo, yang bertujuan untuk mendatangkan penjualan dari pembeli lama maupun pembeli baru.

4. ONLINE PUBLIC RELATION
Public Relation adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi (Coulsin-Thomas, 2002). Secara sederhana Public Relation seperti Hubungan Masyarakat atau Humas sebuah organisasi atau instansi.Sehingga pengertian Online Public Relation adalah kegiatan Public Relation (Hubungan Masyarakat) yang menggunakan internet sebagai media komunikasi.

5. SOSIAL MEDIA MARKETING
Media sosial adalah sebuah media dalam jaringan/Daring (Online), dimana penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi. Media sosial meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Sehingga Sosial Media Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk (biasanya melalui link halaman website bisnis online yang terdapat pada sosial media) atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik.
Sosial media marketing biasanya dipusatkan pada usaha menciptakan konten (posting, tulisan, gambar, video) yang menarik perhatian dan mendorong pembaca untuk membagi (share) konten tersebut melakui jaringan soal.

Diharapkan konten tersebut mampu menarik perhatian, disukai dan di share seluas-luasnya sehingga menghasilkan "elektronik Word of Mounth"(eWOM) atau dibicarakan oleh para user media sosial. Tujuan akhirnya adalah citra positif dan reputasi dikalangan konsumen.



6. ONLINE ADVERTISING / IKLAN ONLINE
Online advertising adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Iklan umumnya memiliki dua tujuan yaitu branding dan sales, atau keduanya sekaligus. Setelah menentukan tujuan, bisa dipilih berbagai media sesuai profil target market dan juga budget sesuai.
Sarana Online advertising bisa mulai dari banner ads, Search Engine Marketing (SEM), iklan di jejaring sosial, email marketing, sampai ke iklan baris online.

7. WEBSITE
Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman saling terkait dan masing - masing dihubungkan dengan hyperlink. Tujuan pembuatan website adalah mendatangkan pengunjung potensial sebanyak-banyaknya, dengan harapan semakin banyak orang yang melihat informasi yang disediakan oleh web tersebut, makin banyak orang yang mengenal dan tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.

8. CONVERSION
Konversi adalah teknik memetakan kunjungan sebuah website atau toko online. Penjual harus mampu menganalisis komposisi kunjungan, berapa banyak pengunjung website, berapa persen yang klik tombol pembelian dan berapa persen yang benar - benar membeli.

Comments

Post a Comment