Pengertian Pemasaran Online

PEMASARAN ONLINE




Pemasaran Online atau Internet Marketing atau E-Marketing atau Online Marketing merupakan bagian dari bisnis online. Bisnis online dan Pemasaran online merupakan suatu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan. Bisnis online merupakan usaha untuk mendapatkan keuntungan sedangkan Pemasaran merupakan kegiatan mengenalkan atau memasarkan produk atau jasa. Sehingga pemasaran online adalah proses memasarkan suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media jaringan elektronik atau internet. Pelaku dari internet marketing adalah internet marketer.

Karena menggunakan media internet maka seorang internet marketer memerlukan pengetahuan yang cukup mengenai internet seperti cara membuat blog, mampu menulis artikel yang menarik, mampu mempromosikan produk lewat blog, serta memiliki pengetahunan yang cukup mengenai SEO.

Berdasarkan pendapat Mohammad et.al (2003), pengaruh internet marketing terhadap strategi pemasaran perusahaan ada empat, yaitu : 

a. Peningkatan Segmentasi
Keberadaan internet membuat segmentasi pasar makin meluas karena jangkauan pemasaran makin luas.
b. Mengembangkan Strategi Lebih Cepat dalam Cycle Time
Adanya alur perputaran waktu yang lebih cepat dan mudah maka strategi pemasaran dapat dengan lebih cepat pula dikembangkan.
c. Peningkatan Pertanggungjawaban dari Usaha Pemasaran
Informasi yang diperoleh dengan cepat dan mudah dapat meningkatkan strategi perusahaan sehingga pemasaran dpaat dilakukan dengan lebih transparan
d. Peningkatan Integrasi Strategi Pemasaran dengan Strategi Operasional Bisnis
adanya integrasi antara strategi pemasaran perusahaan dan strategi pemasaran melalui internet akan meningkatkan strategi bisnis dan strategi operasional.

MANFAAT PEMASARAN ONLINE

Manfaat yang dapat didapatkan dengan adanya pemasaran Online : 
a. Murah dan efisien
b. Pemasaran online melalui internet tidak terbatas oleh waktu
c. Pemasaran online melalui internet menjangkau pasar yang lebih luas
d. Mengurangi biaya pemasaran karena pemasaran online melalui internet lebih ditargetkan
e. Pemakaian strategi pemasaran online melalui internet dapat meningkatkan image perusahaan dimata konsumen sehingga memberikan nilai lebih untuk menghadapai persaingan bisnis.
f. Memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengna para konsumen.


Comments